Rabu, 26 Oktober 2016

Optiminimalisasi Windows 10










Banyak orang yang sudah beralih ke Windows 10 baik itu edisi Pro/Enterprise/Home.

Secara sistematis,pengoptimalan terhadap suatu OS windows baik itu win XP/7/8/8.1/10 adalah sama.

Yang Membedakannya hanya dari fitur.Sehingga memunculkan registry - registry baru di dalamnya.

Well,

Saya akan memberikan sedikit tips n trik agar performa Windows menjadi Optimal,terutama pada Windows 10 yang konon kabarnya memakan banyak resource RAM.
Untuk menonaktifkan Runtime Broker, buka Settings app dan pergi ke System. Di dalam jendela System, cari Notifications & Actions dan batalkan “Show me tips about Windows” Sekarang restart PC untuk membawanya kembali ke normal dan memperbaiki RAM yang tinggi dan penggunaan CPU.
Tekan Windows Key + R untuk membuka menu Run, ketikan regedit dan tekan enter untuk mengakses Windows Registry. Lalu buka alamat registry berikut ini:HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\SerializeJika tidak bisa menemukan alamat registry tersebut, silahkan buat registri barunya dengan klik kanan, pilih New > Key, beri nama key baru ini dengan nama Serialize. Dalam key registry baru ini, buat DWORD value bernama StartupDelayInMSec dan pastikan mengetikkan angka 0 sebagai nilainya.
Menghilangkan Search Bar pada Windows 10 ialah salah satu fitur baru yang cukup efektif dalam melakukan pencarian file secara cepat. Lagipula Search Bar berhubungan dengan Cortana. Dala segi tampilan, Search Bar memang memakan banyak tempat pada taskbar, bagi mereka yang bekerja dengan membuka banyak aplikasi sekaligus, ukuran Search Bar yang lebar ini sangat mengganggu. Namun ada cara untuk mengatasinya, mengubah tampilan Search Bar sekaligus melakukan optimasi Windows 10 untuk menjadi lebih kecil atau ditiadakan sama sekali. Yaitu dengan klik kanan Taskbar > Pilih menu Search > dan pilih Show Search Icon untuk hanya menampilkan icon Search saja, atau pilih Disabled untuk meniadakan fungsi Search Bar.
Memunculkan Fitur Terbaru pada Command Prompt.Fitur terbaru di Windows 10 yang tidak kalah bergunanya yaitu kemampuan command prompt yang lebih baik daripada sebelumnya. Kini layar command prompt bisa di-resize secara horizontal dan menggunakan format wordwrap mirip dengan Notepad. Selebihnya, kini shortcut keyboard standar seperti Ctrl + C, Ctrl + V, atau Ctrl + A untuk text selecting. Meski fitur ini harus dinyalakan terlebih dahulu karena tidak tersedia secara default. Untuk memaksimalkan semua fitur diatas, klik Windows Key + R dan ketikkan cmd lalu klik OK untuk membuka Command Prompt seperti biasa. Klik kanan pada title bar dan pilih Properties, pilih tab Experimental dan aktifkan menu fitur yang tercantum pada Experimental Console Settings.
Menonaktifkan Firewall dengan cara : Pada kolom “Search” ketik “Firewall” (tanpa tanda petik). Pilih atau klik “Windows Firewall”. Selanjutnya anda bisa klik pada menu “Turn Windows Firewall on or off” di sebelah kiri untuk mengatur firewall komputer. Anda bisa memilih untuk mematikan atau menghidupkan firewall dengan beberapa pengaturan lain yang bisa anda sesuaikan.
Disable Efek Transparant. Klik kanan pada desktop dan sobat pilih Personalize. Pilih warna sesuai dengan keinginan. Selanjutnya sobat ganti Make Start, taskbar, and action center transparent yang awalnya Turn on menjadi Turn Off
Disable Programs pada Startup. Klik kanan tombol start. Klik Task Manager. Klik Startup Pilih program yang menurut sobat tidak terlalu penting dan selanjutnya klik disable.
Menonaktifkan Layanan yang tidak perlu lewat task manager, Masih sama dengan langkah diatas, namun kali ini sobat klik pada bagian service. Klik kanan layanan tertentu yang sobat rasa tidak perlu. Selanjutnya pilih Stop
Mematikan Shadows & Animations. Klik kanan pada tombol Start. Kemudian pilih System. Klik“Advanced system settings” disebelah kiri dan sobat klik tab Advance. Klik pada Settings button under Performance. Klik Adjust for best performance
Enable Fast Startup. Klik kanan pada tombol Start. Pilih Control Panel. Klik System and Security dan sobat pilih Power Options. Pada bagian sebelah kiri sobat klik "choose what the power buttons do". Dibagian bawah Shutdown settings sobat centang “Turn on fast startup” dan jika sudah klik Save Changes.
Uninstall program yang tidak tepakai. Klik kanan Start button. Klik Programs and Features. Pilih software yang tidak digunakan dan untuk menghapusnya klik “Uninstall/Change”
Defragment pada bagian Drive C: .Buka windows explore (tekan tombol Windows + E). Klik kanan Local Disk C: dan pilih properties .Optimize and Defragment Drive
Disk Cleanup. Masih sama dengan langkah diatas, namun sobat pilih pada tab General. Klik pada Disk Cleanup. Klik "unnecessary files (temporary internet files, etc.)," selanjutnya pilih OK


Demikianlah Tips n Trick untuk optimalisasi windows 10.Semoga postingan kali ini bermanfaat dan dapat menambah kinerja komputer lebih cepat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan melalui komentar yang tersedia. Sekian dan terima kasih atas kunjungan saudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar