Rabu, 26 Oktober 2016

Membuat FlashDisk Menjadi BootAble Dengan Rufus

Rufus adalah utilitas yang membantu untuk memformat dan membuat perangkat USB flash menjadi bootable, seperti flashdisk, kartu memori, dll.
Rufus sangat berguna bagi kasus dimana:
Anda perlu membuat media instalasi USB dari ISO bootable (Windows, Linux, UEFI, dll.)
Anda perlu bekerja pada sistem yang tidak memiliki OS yang terinstal
Anda perlu flash BIOS atau firmware lain dari DOS
Anda ingin menjalankan utilitas tingkat-rendah
Meskipun ukurannya kecil, Rufus menyediakan semua yang Anda butuhkan!
Satu lagi, Rufus sangatlah cepat. Sebagai contoh, Rufus sekitar dua kali lebih cepat dibanding UNetbootin, Universal USB Installer atau Windows 7 USB download tool, dalam membuat media instalasi USB Windows 7 dari sebuah ISO. Rufus juga sedikit lebih cepat dalam membuat USB bootable Linux dari berkas ISO.
Menggunakan Rufus



Menggunakan Rufus sangatlah mudah. Setelah mendownload aplikasi Rufus, klik ganda untuk mulai menjalankannya.

Apabila flash disk sudah dicolokan ke komputer, secara otomatis Rufus akan mendeteksi drive, sistem file, ukuran cluster dan volume label flash disk tersebut.
Jika Rufus tidak mendeteksi USB yang dicolokan tersebut, tampilkan opsi tingkat lanjut dengan menekan icon disebelah teks Format Options. Kemudian, tandai opsi List fixed (non-flash) or unpartitioned USB disks.




Untuk menjadikan flash disk sebagai bootable sistem operasi, pada bagian opsi Create a bootable disk using, gunakan pilihan ISO image. Setelah itu klik icon drive untuk memilih file ISO sistem operasi yang akan dimasukan ke dalam flash disk. Secara otomatis Rufus akan menggunakan data ISO tersebut untuk kebutuhan pembuatan USB bootable. Biarkan opsi Quick formaat tetap aktif, agar proses format partisi menjadi lebih cepat.
Selanjutnya, klik tombol Start untuk memulai proses penulisan ke flash disk. Rufus akan menampilkan peringatan, bahwa seluruh data yang ada pada flash disk akan dihapus.
Klik tombol OK untuk memulai proses pembuatan bootable USB atau Cancel untuk membatalkan.
Setelah itu, pertama sekali Rufus akan melakukan format terhadap USB flash drive yang ditentukan. Setelah selesai, baru melakukan penyalinan file-file yang ada dalam file ISO.



Setelah proses pembuatan bootable USB selesai, klik tombol Close untuk menutup Rufus.



Untuk menggunakan USB flash drive sebagai media instalasi, lakukan pengaturan pada BIOS agar device yang pertama dibaca saat booting (Boot devices priority) adalah USB flash drive.
Untuk download aplikasi Rufus terbaru (Rufus 1.4.6), silahkan klik disini:

Aplikasi USB Bootable Rufus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar